Search

AP II Siapkan Asisten Virtual 'TASYA' Sambut Asian Games

Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara International Soekarno Hatta, Jakarta dan Sultan Badaruddin, Palembang siap menyambut peserta dan wisatawan dalam acara Asian Games 2018.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bandara penting buat kesan pertama wisatawan mancanegara.

"Bandara adalah tempat pertama wisatawan menginjakkan kaki. Di sinilah impresi pertama didapat. Jika bandara ramah, asyik, keren, juga menyenangkan, maka wajah Indonesia juga akan berseri. Apalagi jika digital friendly," katanya, Sabtu (18/8).


Arief menuturkan dengan semangat Indonesia Incorporated, akan membuat wajah Indonesia semakin ramah. Dia menuturkan Kementerian BUMN dan PT Angkasa Pura II (Persero) sudah siap menyambut peserta Asian Games dan wisatawan.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Awaluddin menuturkan sebanyak 170 ribu wisatawan akan datang saat Asian Games.

"Angkasa Pura II, khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, merupakan gerbang utama para kontingen untuk memasuki wilayah Indonesia, maka dari itu menjadi tugas kami untuk memberikan pelayanan prima bagi kontingen dari negara-negara peserta Asian Games 2018 yang mendarat di bandara ini," ujarnya.

AP II sendiri, lanjut Awaluddin, sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari posko siaga Asian Games 2018 dan sports corner di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Lalu bagi wisatawan yang ingin mencari informasi lebih lanjut, AP 2 juga meluncurkan layanan asisten Virtual Travel Asisstance System Angkasa pura II atau TASYA.

Layanan asisten virtual TASYA merupakan layanan berbasis teknologi kecerdasan buatan dan bisa diakses melalui tiga platform media sosial yakni Line: @angkasapura2, Facebook Messenger: @airport138, Telegram: @angkasapura2Bot, dan juga melalui Website Angkasa Pura II. Juga bisa melalui mengunduh aplikasi Indonesia Airport Apps serta dapat juga ditemui di E-Kiosk yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Airport Digital Lounge

Terbaru, bandara terbesar di Indonesia itu, menghadirkan Airport Digital Lounge di Terminal 2 dan Terminal 3 CGK. Airport Digital Lounge merupakan pusat layanan terintegrasi dari PT AP yang memadukan kemu IIdahan layanan informasi bandara dengan teknologi digital terkini.

"Dilengkapi dengan layanan self check-in, flight Information, virtual assistant via chatbot, coworking space, e-wayfinding, official merchandise store serta layanan reservasi akomodasi, pengguna jasa dapat mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Petugas kami siap membantu," ujar Awaluddin.


Untuk memenuhi kebutuhan informasi wisata para wisatawan saat Asian Games 2018, PT AP  bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan juga pemangku kepentingan lainnya mempersiapkan rute-rute destinasi wisata Indonesia. AP II juga menyiapkan Tourist Information Center di Bandara Soekarno-Hatta serta di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. 

Selain itu AP II juga menyiapkan booth leaflet pariwisata serta fasilitas layanan digital di terminal seperti Digitalway-Finding Kiosk, Statistic map, Wayfinding; juga penambahan Interface Asian Games ke-18 pada Indonesia Airports Mobile Apps.

(asa)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan AP II Siapkan Asisten Virtual 'TASYA' Sambut Asian Games : https://ift.tt/2Bp6CUz

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AP II Siapkan Asisten Virtual 'TASYA' Sambut Asian Games"

Post a Comment

Powered by Blogger.