Search

Memulai Hobi Fotografi Tak Harus Mahal

Jakarta, CNN Indonesia -- Fotografi kerap disebut sebagai hobi mahal. Setidaknya dibutuhkan biaya yang tak sedikit untuk melakoni hobi yang satu ini seperti harga kamera yang tak murah.

Namun, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Pemula yang baru memulai hobi fotografi tak butuh biaya mahal yang menguras kantong.

"Enggak harus mahal, bisa gunakan kamera yang spesifikasinya standar dulu yang harganya murah, itu sudah bagus," kata pemilik Jelly Playground, Renaldy Fernando di sela-sela Lowlight Bazaar, di Jakarta, Minggu (11/11). Renadly merupakan inisiator bazar khusus serba-serbi fotografi analog.

Menurut Renaldy, kamera spesifikasi standar sudah bisa digunakan untuk mendapatkan hasil gambar yang berkualitas. Kamera digital bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp4 juta hingga Rp7 juta. Kebutuhan lain seperti aksesori kamera bisa dibeli kemudian hari.


"Aksesori bisa disiasati, misalnya pembersih lensa bisa pakai pembersih kacamata. Yang lainnya, bisa beli dicicil nanti," ucap Renaldy.

Jika ingin yang lebih murah, Renaldy menyarankan untuk menggunakan kamera analog. Kamera ini bisa didapatkan dengan harga Rp700 ribu hingga Rp3 juta. Kamera dengan gulungan film ini dinilai memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan kamera digital karena tak bisa asal memencet tombol klik untuk mengambil gambar.

"Mesti irit karena satu roll film itu cuma 36 foto dan hasilnya enggak bisa dilihat," ujar Renaldy.

Hanya saja, Renaldy menyebut, kamera analog membutuhkan biaya tambahan untuk membeli gulungan film sekitar Rp50 ribu dan mencuci foto serta memindahkannya ke bentuk digital (scan) dengan biaya juga sekitar Rp50 ribu.

Beberapa tempat penyewaan kamera juga bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi fotografi ini dengan lebih murah. Rata-rata, satu hari kamera bisa disewa dengan harga mulai dari Rp200 ribu.

Hasil gambar itu bisa diimbangi dengan kemampuan fotografi yang dapat dipelajari secara otodidak dengan mudah. Beragam tutorial juga banyak tersedia di internet.


"Setidaknya harus paham ISO yaitu kepekaan cahaya, diafragma atau bukaan lensa, dan speed atau kecepatan mengambil gambar," tutur Renaldy.

Untuk mencari foto atau hunting pun, tak butuh biaya mahal. Menurut Renaldy, hanya membutuhkan biaya untuk transportasi dan makan selama mencari gambar yang menarik.

Diperlukan kepekaan melihat sekitar agar bisa mendapatkan momen yang menarik untuk diabadikan. (ptj/asr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Memulai Hobi Fotografi Tak Harus Mahal : https://ift.tt/2qKnqxd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Memulai Hobi Fotografi Tak Harus Mahal"

Post a Comment

Powered by Blogger.